Jumat, 13 April 2012

Strukur Atom - Macam-Macam Model Atom


Strukur Atom - Macam-Macam Model Atom
Atom memiliki beberapa jenis menurut pemikiran para pakar kimia. Model-model atom tersebut pastilah memiliki struktur atom. Berikut ini adalah model-model atom beserta struktur atom yang terkandung di dalamnya.
1. Struktur Atom Model Atom John Dalton
Pada 1808, John Dalton, seorang guru di Inggris, melakukan perenungan tentang atom. Hasil perenungan yang dilakukan oleh Dalton menyempurnakan teori atom Democritus. Teori Dalton dan Democritus mengenai atom bahwa atom berbentuk pejal. Dalam perenungannya, Dalton mengungkapkan teorinya tentang atom dan struktur atom, yaitu sebagai berikut.
·       Setiap unsur terdiri atas partikel yang sangat kecil yang bernama atom.
·       Atom yang berasal dari unsur yang sama memiliiki sifat yang sama.
·       Atom dari unsur yang berbeda memiliki sifat yang berbeda juga.
·       Atom dari suatu unsur tidak bisa diubah menjadi atom unsur lain menggunakan reaksi kimia, atom tidak bisa dimusnahkan, dan atom pun tidak bisa dihancurkan.
Struktur atom serta atom model Dalton memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan atom model Dalton adalah membangkitkan minat terhadap penelitian tentang model atom, sedangkan kekurangan model atom Dalton adalah teori Dalton tidak menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan listrik.
2. Struktur Atom - Model Atom J.J. Thomson
Pada 1897, J.J Thomson mengamati tentang elektron. Thomson menemukan bahwa semua atom mengandung elektron yang bermuatan negatif. Jika atom bermuatan netral, setiap atom harus memiliki partikel bermuatan positif agar bisa menyeimbangkan muatan negatif dari elektron. Dalam temuannya tersebut, Thomson sekaligus menjabarkan tentang struktur atom dalam model atom temuannya.
Kelebihan atom model ini adalah membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif pada atom, sedangkan kelemahannya adalah tidak dijelaskannya susunan muatan negatif dan positif dalam atom tersebut. Struktur atom dalam teori atom menurut Thomson ini dirasa kurang begitu jelas.
3. Struktur Atom - Model Atom Rutherford
Berikut ini hipotesis model atom serta struktur atom menurut Rutherford. Ia bersama beberapa muridnya melakukan percobaan. Sebuah percobaan yang berhubungan dengan bidang kimia tersebut sebenarnya bertujuan untuk menguji teori model atom milik Thomson. Dari percobaan tersebut, ditemukan bahwa atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil bermuatan positif yang dikelilingi elektron muatan negatif. Temuan dari Rutherford inilah yang memrakarsai pengertian atom yang sesungguhnya. Berikut ini adalah beberapa simpulan hasil temuan dari Rutheford.
·       Mayoritas dari atom merupakan permukaan kosong.
·       Atom mempunyai inti atom bermuatan positif yang merupakan pusat massa atom.
·       Elektron bergerak mengelilingi inti atom dengan kecepatan tinggi.
4. Struktur Atom - Model Atom Niels Bohr
Pada 1913, Niels Bohr mengungkapkan pendapatnya bahwa elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu yang disebut kulit atom. Model atom Bohr merupakan penyempurnaan dari model sebelumnya, yaitu atom Rutherford.
Struktur atom dalam atom model Niels Bohr ini benar-benar menyempurnakan temuan dari Rutherford. Teori tentang atom dan struktur atom yang dimiliki oleh Bohr ini juga dinilai sebagai sebuah temuan terbaru tentang atom hidrogen yang menggunakan mekanika kuantum secara lebih umum dan akurat.
Berikut ini adalah model atom lengkap beserta struktur atom yang ditemukan oeh Bohr:
·       Pada elektron terdapat lintasan-lintasan yang merupakan tempat mengorbitnya elektron terhadap inti atom tanpa disertai pemancaran. Lintasan tersebut disebut juga  kulit atom, tiap lintasan kemudian ditandai dengan satu bilangan bulat yang disebut bilangan kuantum utama (n). Semakin besar harga n (makin jauh dari inti), makin besar energi elektron yang mengorbit pada kulit itu.
·       Elektron hanya boleh berada pada lintasan yang ditentukan, serta  tidak boleh berada di antara dua lintasan. Lintasan yang ditempati oleh elektron bergantung pada energi yang dihasilkan.
·       Elektron dapat berpindah disertai dengan pemancaran. Perpindahan elektron pada bagian yang lebih dalam akan disertai penyerapan energi. Begitupun sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar